Lampu Penerangan

Tips Penting Memilih Lampu PJU

Penerangan jalan umum merupakan hal yang wajib diperhatikan dan mendapat perawatan tepat agar cahaya yang dihasilkan dapat menerangi seluruh badan jalan degan efisien. Jenis  lampu PJU tenaga surya yang digunakan pun banyak sekali. Dari mulai lampu merkuri, lampu pijar, lampu LVD hingga lampu LED. Agar bisa menentukan jenis lampu yang tepat, berikut ini beberapa tips memilih lampu PJU yang bisa diterapkan.

  1. Memilih jenis lampu sesuai kebutuhan

Produk lampu PJU dengan berbagai spesifikasi banyak kita temukan di pasar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk lampu yang sesuai kebutuhan. Berapa ukuran watt yang diperlukan dan bagaimana model variasi yang diinginkan? Ada baiknya jika Anda memperhatikan area penempatan lampu nantinya. Dengan mengetahui luas area secara langsung, tentu Anda sudah dapat memperkirakan jenis lampu dengan ukuran berapa watt yang dibutuhkan. Kembali lagi, Anda harus teliti saat melakukan tahap ini. Jenis lampu berbeda dengan ukuran watt yang sama dapat menghasilkan cahaya dengan intensitas berbeda. Oleh karena itu kenali produknya, tentukan area pemasangannya dan pilih lampu yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Mempertimbangkan harga yang ditawarkan

Sebelum berkomunikasi dengan penjual atau distributor secara langsung, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui harga jual lampu PJU di pasaran. Setiap produk tentu memiliki harga jual yang berbeda, oleh karena itu pastikan Anda sudah sedikit banyak mengetahui klasifikasi produk lampu PJU. Beberapa jenis lampu dijual dengan harga murah dan Anda tidak boleh langsung tergiur. Akan sia-sia jika membeli lampu PJU dengan harga murah tetapi di perjalanan konsumsi listriknya amat tinggi. Harga murah di awal tentu menjadi tidak sebanding dengan beban listrik yang ditanggung. Anda hanya perlu memastikan jika harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk yang dimiliki.

  1. Memilih lampu dengan konsumsi listrik rendah

Poin yang ketiga ini juga menjadi poin yang sangat penting. Beban konsumsi listrik lampu PJU akan menjadi beban bulanan PLN yang harus dibayarkan kepada pemerintah daerah. Tidak ada salahnya memilih lampu dengan harga sedikit tinggi namun memiliki daya konsumsi listrik yang rendah. Hal ini sama dengan Anda membayar mahal di awal untuk berhemat selama bertahun-tahun. Ketahui benar detail produk yang akan dipilih dan pastikan produk yang dipilih menggunakan daya listrik rendah.

Memilih produk yang ramah lingkungan juga menjadi hal yang tidak kalah penting. Beberapa jenis lampu mengkonversi cahaya ultraviolet sebagai cahaya terlihat yang tentunya kurang ramah lingkungan. Jenis lampu ramah lingkungan akan membantu melindungi bumi yang sudah semakin tua.

Pada dasarnya sebelum membeli sebuah lampu, Anda hanya perlu mengetahui detail produk secara terperinci. Memilih lampu PJU yang tepat akan membantu memberikan penerangan yang efektif dan efisien di jalanan umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *