Anak bermain tepuk tangan

Jenis Permainan Anak Indoor Yang Sesuai Bagi Anak-anak

Dalam bermain seorang anak tak hanya menarik lewat permainan anak indoor yang menggunakan alat-alat peraga saja. Namun juga permainan yang mengandalkan keaktifan dan gerak tubuh anak sendiri, justru terkadang lebih menarik bagi anak untuk melakukannya. Meski hanya dengan gerakan tepuk tangan saja naun dilakukan dengan gembira serta diselingi hal-hal lucu yang justru lebih membangun kreatifitas anak. Terlebih anak yang tak memiliki teman bermain di rumahnya, maka teman bermain di sekolah adalah hal yang sangat berharga bagi mereka. Maka lewat permainan-permainan yang dilakukan akan mendidik anak untuk menghargai sesama dan memaknai akan kebersamaan yang dijalani selama di sekolah.

Anda tentu penasaran kan akan permainan anak indoor yang dilakukan tanpa alat peraga :

  • Tepuk tangan bersama

Jenis permainan anak indoor berupa tepuk tangan ini melatih anak untuk berkonsentrasi pada setiap arahan yang diberikan. Setiap jumlah tepuk tangan yang diberikan oleh instruktur, memiliki arti yang berbeda. Misalnya dua kali tepukan makan anak harus berpelukan dengan gender yang sama sejumlah tiga orang. Atau pada tepukan sebanyak 3 kali maka anak harus berlari mencari teman yang memakai baju dengan warna senada dengannya. Jika salah satu dari mereka melakukan kesalahan maka anak mendapat kesempatan untuk bercerita perihal akan 3 hobinya atau hobi adiknya.

  • Mencari kata

Anak dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok diberikan sejumlah kata atau huruf secara acak. Anak yang ditugaskan dalam setiap kelompok harus mencari pasangan kata atau huruf yang mereka perlukan pada kelompok lain. Anak lainnya pada kelompok yang sama bertugas menuliskan kata atau huruf yang telah berhasil mereka temukan. Bagi kelompok yang terlebih dahulu menemukan kalimat yang lengkap maka mereka lah yang menjadi juara.

Dalam permainan anak indoor ini, anak diajarkan untuk bekerja sama demi kepentingan bersama dalam kelompok mereka. Anak juga belajar membagi tugas dan setiap yang ditugaskan memiliki tanggung jawab untuk diselesaikan.

  • Bernyanyi dengan vokal yang sama

Pada permainan anak indoor dengan menyanyikan sebuah lagu anak dengan menggunakan vokal yang sama pada setiap baitnya. Tentu saja konsentrasi yang tinggi sangat diperlukan dalam hal ini. Terkadang anak latah dengan menyanyikan vokal yang sebenarnya sementara si anak sedang diminta untuk menyanyikan lagu dengan menggunakan vokal O secara keseluruhan bait pada lagu tersebut. Lagu yang dinyanyikan tentunya kan terdengar sangat lucu sekali. Karena kata-kata pada lagu terkadang akan berubah arti saat diubah menjadi vokal O.

Bahagia tentu melihat anak yang ceria sepanjang hari. Dengan permainan anak indoor yang tentunya mengedukasi dan melati motorik anak tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *