hal-hal yang perlu diketahui yang berkaitan dengan corporate ecommerce logistics

Hal-Hal Yang Berkaitan Dengan E Commerce Solution Provider

Sejauh yang kita tahu selama ini masyarakat Indonesia yang baru mengetahui arti dari ecommerce solution provider barulah sedikit. Untuk itu di artikel kali ini akan dibahas secara mendetail hal-hal yang ada kaitannya dengan e commerce solution provider.

Tentang E Commerce

Sekarang yang kita bahas terlebih dahulu adalah e commercenya, definisinya seperti apa. E commerce sebetulnya merupakan sebuah perdagangan elektronik, dengan menggunakan media atau perantara teknologi elektronik.

E commerce juga bisa disebut sebagai kegiatan jual beli barang dan atau jasa lewat suatu jaringan elektronik yang bernama internet. Transmisi dan data juga bisa dilakukan transaksinya dalam e commerce ini.

Tentang Solution Provider

Solution provider, dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai penyedia solusi, adalah penyedia solusi yang memberikan penawaran kepada semua kliennya gabungan antara perangkat keras, perangkat lunak, komputer dan yang terakhir sebuah konsultasi.

Penyedia solusi pada saat ini beda jauh dengan penyedia solusi pada masa lalu. Di saat ini yang dapat dipakai oleh penyedia solusi hanyalah produk paket. Beda dengan dahulu di mana yang kerap dibangun oleh penyedia solusi ialah perangkat keras khusus. Kepada para pelanggannyapun dikembangkan sebuah aplikasi secara khusus.

Pelanggan dari penyedia solusi mendapatkan perlakuan khusus, yaitu lewat keahlian yang dipunyai oleh solution provider, masalah yang dihadapi oleh kliennya tersebut dipecahkan atau diatasi. Jadi di sini solution provider tidak hanya menjual produk berupa barang dan atau jasa. Hal ini sesuai dengan kata kuncinya, yakni “solusi”, yang sudah dikenal luas di dalam bidang TI (Teknologi Informatika).

Solution provider atau penyedia solusi juga dikenal dengan nama VAR, yang merupakan singkatan dari Value Added Reseller. Yang dimaksud dengan VAR di sini adalah sesuatu yang bisa membuat nilai bertambah setelah itu menjualnya lagi.

Contohnya seperti ini, seperangkat periferal dan CPU dibeli dari vendor yang tidak sama kemudian membeli lagi di vendor yang lain perangkat lunak. Selanjutnya semuanya yang sudah dibeli tadi dikemas berbarengan. Kemasannya terwujud sebagai sebuah sistem CAD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *