tips untuk membersihkan deep fryer

Menjaga Performa dan Kualitas Penggorengan Deep Fryer dengan Pembersihan Rutin

Menjaga kondisi dari suatu benda demi memastikan bahwa kualitas fungsinya tetap terjaga selalu penting dilakukan demikian pula dengan penggorengan deep fryer. Baik dalam lingkup komersial maupun pribadi, kebersihan dari perangkat memasak tentu wajib dijaga. Tentu dalam lingkup komersial hal ini menjadi lebih penting lagi karena perangkat memasaknya bisa lebih sering dipergunakan. Belum lagi fakta bahwa perangkat atau mesin yang satu ini sangat berguna untuk mengolah berbagai bahan makanan. Hal tersebut membuatnya jadi lebih sering digunakan lagi sehingga kemungkinannya untuk menjadi kotor akan lebih cepat jika dibandingkan dengan berbagai perangkat lain yang mungkin ada di satu lokasi memasak. Lalu, bagaimana cara membersihkan perangkat memasak yang satu ini dengan baik dan benar? Simak tips di bawah ini sebelum Anda mencari tempat jual deep fryer gas.

Pastikan untuk mencabut deep fryer dari sumber dayanya dahulu kemudian biarkan minyak dingin sebelum memulai proses pembersihannya. Ketika dirasa suhu minyak sudah cukup aman untuk ditiriskan maka tiriskan minyak hingga tangki fryer bebas minyak. Lepaskan bagian keranjang dari deep fryer untuk dicuci dan dibersihkan dahulu secara terpisah dari bagian utama perangkat memasak ini. Pembersihannya bisa menggunakan cari dan pencuci piring dan kawat gosok agar noda membandel bisa terangkat juga.

Kemudian saatnya membersihkan bagian utama dari penggorengan deep fryer tersebut dengan memulainya dari bagian sisi dalamnya. Gosok bagian sisi yang tentunya bisa saja dipenuhi noda makanan dan minyak dengan menggunakan kawat gosok hingga noda – noda yang menempel sudah terlepas semua. Setelah itu kemudian gosok atau lap menggunakan handuk atau bisa juga kertas. Pastikan semua sisi sudah bersih sebelum membersihkan bagian lainnya lagi.

Isi tangki deep fryer dengan air dan sedikit cairan pencuci piring lalu didihkan sampai maksimal 15 menit dalam posisi mendidih. Matikan lalu dinginkan air dan tiriskan hingga bersih. Isi kembali tangki dengan air cuka dalam perbandingan 1 cuka dan 9 air untuk membilas bagian dalam tangki tersebut. Setelah itu kosongkan dan bersihkan semua sisi dalamnya dengan kain yang bersih. Proses tersebut mengakhiri proses pembersihan deep fryer untuk bagian utamanya yaitu bagian dalam secara menyeluruh.

Kemudian untuk bagian luar proses pembersihannya bisa dilakukan dengan campuran baking soda dan air atau cairan yang secara umum dikenal dengan sebutan degreaser. Pada dasarnya fungsi dari campuran baking soda atau degreaser tersebut adalah mengangkat noda dan kotoran minyak yang menempel. Setelah didiamkan selama 10 menit dalam campuran baking soda atau degreaser maka bagian luar dari deep fryer bisa dibilas dengan menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air biasa. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian lakukan observasi apakah proses pembersihan dari penggorengan deep fryer yang sudah dilakukan dirasa cukup atau belum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *