Ilustrasi kehamilan

Mengenal Jenis dan Cara Pakai Tes Ovulasi, Untuk Mengecek Masa Subur Anda

Sama seperti test pack pada kehamilan, saat ini, alat tes ovulasi atau masa subur juga cukup beragam. Ada cukup banyak desain, yang membuat cara menggunakan tes ovulasi jadi lebih beragam. Ulasan berikut ini akan membahas tentang beberapa alat tes ovulasi yang ada di pasaran!

1.       Compact

Alat yang satu ini, memang terbilang baru, namun terbukti cukup akurat, dibandingkan 2 alat lainnya. Dimana alat yang berbentuk digital ini, tidak hanya mendeteksi 1 hormon saja, yaitu LH saja, namun juga mendeteksi hormon lainnya yaitu hormon estrogen.

Alat tes kesuburan ini juga cukup umum dipasaran, walaupun memang tidak sebanyak strip. Selain itu dari segi harga, sedikit lebih mahal, dibanding bentuk strip.  

Adapun cara pakai tes ovulasi dengan bentuk digital ini, cukup mudah. Bentuknya biasanya stik, sehingga cukup nyaman untuk dipegang. Teknik penggunaannya sama dengan test pack, cukup dicelupkan pada urine. Kemudian tunggu sekitar 3 menit. Jika muncul tanda senyum yang berkedip-kedip, itu artinya LH sudah naik, dan Anda sedang dalam masa subur.

Namun jika yang muncul senyum dan tanpa kedip, atau diam, itu artinya Anda ada di pada puncak masa subur. Sebaliknya jika tidak ada gambar, artinya belum ada peningkatan LH, yang otomatis tidak sedang dalam masa subur.

Pengecekan ini sebaiknya dilakukan pada jam 8 pagi hingga ja, 10 malam.  

2.       Strip

Jenis alat tes kehamilan berikutnya adalah bentuk strip. Ini adalah salah satu alat yang cukup populer. Selain karena cara penggunaannya yang terbilang sangat mudah, dan harganya pun cukup terjangkau.

Banyak wanita yang membeli alat tes seperti ini dalam jumlah banyak, agar tidak melewatkan masa subur tiba.

3.       Scope

Bentuk dan cara menggunakan alat yang satu ini sangat berbeda dengan 2 alat tes kesuburan lainnya. Jika sebelumnya menggunakan urine, maka pada alat yang satu ini menggunakan air liur, sebagai media test-nya.

Yang menarik, alat yang satu ini dapat digunakan berulang kali. Terlihat lebih praktis, dan ramah lingkungan. Jadi ketika Anda selesai menggunakannya, Anda dapat mengelapnya dan menggunakannya di lain waktu. Dari segi harga, alat yang satu ini lebih mahal dibandingkan dengan 2 alat lainnya.

Demikianlah beberapa jenis alat tes kesuburan dan juga cara pakai tes ovulasi tersebut. Apakah Anda tertarik menggunakannya atau bahkan pernah menggunakan salah satunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *